Desa Bokor, Kec. Rangsang Barat, Kab. Kep. Meranti, Riau

Desa Bokor merupakan desa yang berada di Kecamatan Rangsang Barat Kabupaten Kepulauan Meranti. Desa Bokor memiliki luas wilayah 43,14 Kilometer persegi. Desa ini berada di dataran rendah dengan ketinggian hanya dua meter di atas permukaan laut. Keberadaan desa ini dekat dengan laut dan sebagian wilayahnya terdiri dari pesisir pantai dan rawa rawa. Sebagian besar wilayahnya adalah hutan dan sungan yang dekat perairaan membuat desa ini kaya akan potensi hutan dan sungainya. Seperti sungai yang menjadi objek wisata utama Desa Bokor.

 

Geografi dan Iklim

Desa Bokor memiliki luas wilayah 43,14 Kilometer persegi. Desa ini berada di dataran rendah dengan ketinggian hanya dua meter di atas permukaan laut. Secara administratif, Desa Bokor berada di wilayah Kecamatan Rangsang Barat, Kabupaten Kepulauan Meranti, Provinsi Riau. Adapun batas-batas desa adalah sebagai berikut:

  • Utara: Desa Sendaur
  • Barat: Desa Telaga Baru
  • Selatan: Selat Air Hitam
  • Timur: Desa Kayu Ara

Sebagian besar wilayah Desa Bokor merupakan area perkebunan dan hutan. Area perkebunan sendiri memiliki luas 800-900 hektar dengan lima komposisi utama, yaitu: Perkebunan Durian, Perkebunan Karet, Perkebunan Kelapa, Perkebunan Manggis, dan Perkebunan Sagu.

Sedangkan area hutan terdiri dari dua jenis, yaitu: Hutan Desa dan Hutan Bakau. Hutan desa terletak di ujung barat laut desa. Hutan ini diapit oleh perkebunan karet dan kelapa. Adapun Hutan Bakau terletak di sebelah tenggara desa. Hutan ini tersebar di sepanjang Sungai Kicak dan pesisir Selat Air Hitam.

Secara iklim, Desa Bokor termasuk ke dalam iklim tropis. Di desa ini hanya terdapat dua musim dalam satu tahun, yaitu: musim kemarau dan musim hujan. Musim kemarau biasanya terjadi pada bulan Februari hingga Agustus setiap tahunnya. Sedangkan musim hujan umumnya terjadi pada September hingga Januari. Adapun curah hujan rata-rata di Desa Bokor sekitar 2.000-3.000 mm per tahun. Tanah yang subur dan luas serta iklim yang cukup basah membuat Desa Bokor menjadi salah satu penghasil buah-buahan di Kepulauan Meranti.

Sejarah Desa

 

Administrasi dan Kelembagaan

 

4 Kependudukan
4.1 Keadaan Penduduk
4.2 Struktur Penduduk Menurut Umur:
5 Keadaan Sosial Ekonomi
6 Akses Menuju Desa Mandalamekar/ Transportasi
7 Pendidikan
8 Aktivitas Desa Membangun
8.1 Perbaikan Akses Jalan Menuju Desa Mandiri
8.2 Kembali ke Alam dengan Membangun Hutan Lestari
8.3 Ruyuk FM dan Jurnalisme Warga

Comments

So empty here ... leave a comment!

Tinggalkan Balasan

Sidebar



%d blogger menyukai ini: