Desa Tanah Merah, Kec. Rangsang Pesisir, Kab. Kep. Meranti, Riau

Desa Tanah Merah berada di Kec. Rangsang Pesisir, Kab. Kep. Meranti, Riau. Desa Tanah Merah memiliki luas wilayah sekitar 14.000 m2. Desa Tanah Merah merupakan desa yang masuk ke dalam kategori desa nelayandan pertanian. Hal tersebut disebabkan oleh wilayah geografis dari Desa Tanah Merah yangberada di dekat Selat Malaka dan sekaligus perkebunan kelapa. Penduduk Desa Tanah Merah sendiri dapat dikatakan merupakan petani dan nelayan musiman. Ketika menungguhasil kebun dan ladangyang panen tiga bulan sekali, mereka biasanya mengisi waktu luangdengan menjadi nelayan dan mencari ikan di laut.

Desa Tannah Merah memiliki objek wisata  misalnya, Pantai Pesona. Ini salah satu objek wisata yang menjadi idola para Pengunjung,tak hayal kalau pada masa suasana hari raya ini di manfaatkan oleh para turis lokal yang berada di wilayah kabupaten kepulauan meranti sebagai tempat refresing melepas lelah dari kesibukan keseharian .Destinasi wisata pantai Pesona yang berada di Desa Tanah Merah Kec. Rangsang Pesisir Kab. Kepulauan Meranti, semakin dilirik pengunjung. Pasalnya, Pantai Pesona ini memiliki tempat dan lokasi yang indah, selain itu juga sudah dilengkapi fasilitas  umum yang memadai seperti, Musola,Toilet Dan Ruang Ganti Pakaian ,pengunjung juga bisa melihat langsung aktifitas para nelayan yang menangkap udan,ikan dll sepeti Melaggin,Mukat dan belat ( Alat tangkap Nelayan Tradisional ) .

Ada yang unik dari desa Tanah Merah, di sana ada hewan yang termasuk 7 hewan tertua di dunia. Yaitu Belangkas atau Pari Kepiting ini juga bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi Desa Tanah Merah.

Selaian tergolong sebagai hewan tertua di dunia Belangkas/pari kepiting, ini juga termasuk dalam kuliner Seafood, Belangkas sudah tidak asing bagi Masyarakat desa Tanah Merah Menurut salah satu warga desa Tanah Merah Belangkas ini enaknya dimasak Gulai,ataupun Masak Sous tergantung selara menurutnya,yang paling enak dari belangkas adalah telurnya.

Desa Tanah Merah juga termasuk desa yang memanfaatkan fasilitas DBT (Desa Broadband Terpadu) dengan baik. Terbkti dengan adanya website Desa yng menjadi media penyalur informasi tentang Desa Tanah Merah.

 

Comments

So empty here ... leave a comment!

Tinggalkan Balasan

Sidebar



%d blogger menyukai ini: