Desa Kertarahayu, kec. Jatiwaras, kab. Tasikmalaya, Jawa Barat

Desa Kertarahayu merupakan daerah perbukitan yang berada di kecamatan jatiwaras, Kabupaten tasikmalaya, provinsi jawa barat. Luas daerahnya kurang lebih sebanyak ± 500,24 ha dengan jumlah penduduk sebanyak sekian ribu. Mereka mendiami rumah disekitar lereng lereng perbukitan desa yang lumayan jurang, sehinngga tidak asing kalau jalan atau insfrastruktur menuju desa ini sangat khas dengan perbukitan yang terjal dan berbatu. Meskipun begitu, dengan keadaan fasilitas jalan yang sangat minim dan tidak layak tapi tidak menyurutkan semangat warga Desa Kertarahayu untuk terus menggali potensi desanya yang kaya akan sumber daya hayati.

hutan yang hijau, air yang jernih putih mengkilap bagai tidak ada debu didalamnya, menjadi sumber penghidupan warga Desa Kertarahayu. karena hampir sekitar 90% warga Desa Kertarahayu berprofesi sebagai petani dan peternak dan sisanya ada yang pedagang, guru, sopir dan lainnya. mengetahui akan hal itu sangat penting bagi warganya maka pihak Desa berupaya untuk terus melestarikan dan menjaga hutan yang menjadi sumber utama kehidupan warga Desa Kertarahayu. Jika hutan dan sumber airnya terjaga dengan baik, maka warga Desa Kertarahayu akan sejahtera di bidang perekonomian.

Desa Kertarahayu juga termasuk ke dalam desa yang memanfaatkan fasiltas DBT (Desa Broadband Terpadu) dengan baik. terbukti dengan menjadikan web desa sebagai media penyampai berita dengan baik. namun, pengelola web Desa Kertarahayu masih kurang update terkait dengan semua berita tentang desa terbukti masih banyak data yang kosong di web Desa Kertarahayu.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Geografi dan Iklim

Desa Kertarahayu meliputi 4 kedusunan,4 RW (Rukun warga)  diantaranya:

  • Dusun Jayamukti
  • Dusun Anggalasan
  • Dusun Cicariu
  • Dusun Cicongkok

Adapun Desa Kertarahayu berbatasan dengan desa desa lainnya, diataranya:

  • Utara   : Desa Banjarwaringin
  • Timur  : Desa Sindanggalih
  • Selatan: Desa Mandalamekar
  • Barat   : Desa Mandalahurip

Sejarah Desa Kertarahayu

Desa kertarahayu merupakan pemekaran dari Desa Mandalahurip pada tahun 2002 yang saat itu manggunakan sistem PJS atau pejabat sementara, pada saat itu Desa Kertarahayu dipimpin oleh PJS Bapak Amat Surahmat sekitar 5 bulan, beliau meninggal dunia dan digantikan oleh Bapak Farid yang saat itu masih berstatus sebagai PJS. Kurang lebih satu Bulan beliau dilantik menjadi Kepala Desa Kertarahayu dari tahun 2002 sampai dengan 2014. Setelah itu digantikan oleh pak ceceng selaku skretaris kepala desa yang menjadi kepala desa yang berstatus PJS. Baru pada tahun 2015 dilantik Kepala Desa Kertarahayu tetap yaitu Bapak Jajang dari tahun 2015 sampai 2020.

Administrasi dan Kelembagaan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kependudukan

 

 

Keadaan Sosial Ekonomi

Mata pencaharian penduduk Desa Kertarahayu sebagian besar dipengaruhi oleh keadaan wilayah yang terdiri dari tanah perkebunan dan persawahan. Adapun mata pencaharian penduduk berdasarkan presentase adalah sebagai berikut :

  • 88 % adalah petani ( pemilik, penggarap dan buruh tani)
  • 5 % adalah pedagang dan wiraswasta
  • 4 % adalah tenaga pertukangan dan pengrajin
  • 3% adalah Pegawai Negeri Sipil, TNI/ POLRI, Pensiunan dan Perangkat Desa

Dari paparan diatas dapat dipastikan bahwa mata pencaharian di Desa Kertarahayu sangat beragam dimulai dari bertani, berternak, buruh, PNS, pedagang, dan lainnya. meskipun begitu, tetap yang menjadi prioritas  utama mata pencaharian masyarakat Desa Kertarahayu yaitu bertani dan berkebun.

Selain bertani dan berkebun ada juga mata pencaharian warga yang lumayan banyak prioritasnya, yaitu wira usaha usaha menjahit yang berada di Dusun Cicariu yang merupakan central produk menjahit di Desa Kertarahayu. Selain itu ibu ibu di Desa Kertarahayu cukup kreativitas dengan memiliki usaha bersama berupa produksi payet pakaian jadi yang dikelola oleh ibu ibu di Desa Kertarahayu. Namun ada yang lebih terkenal dari Desa Keratarahayu, yaitu produksi pemanfatan pisang menjadi goreng pisang sale yang berada di Dusun Cicariu, dengan ini perekonomian masyarakat Desa Kertarahayu cukup mencukupi dengan adanya usaha sampingan tersebut.

Akses Menuju Desa Kertarahayu / Transportasi

Sebelum berbicara mengenai transportasi di Kertarahayu, ada baiknya kita mengenali medan jalan menuju Desa Kertarahayu yang mengikuti kontur daerah perbukitan, yaitu menanjak dan menurun. jarena banyaknya produksi olahan kayu yang berasal dari hutan Kertarahayu, yang membuat mobil truk yang bermuatan tidak sedikit dan sangat berat setiap hari melintas dan menggilas jalan di Desa Kertarahayu. Akibatnya, jalan yang dibangun tidak akan lama akan mengalami kerusakan akibat dari truk truk tersebut. alhmamdulillah pada tahun 2017 kawasan Panca Mandala sedang memperbaiki jalan jalan yang rusak di kawasan ini, dan sekarang sedang berlangsung pembangunan jalan di kawasan  Desa Kertarahayu dan menghubungkannya ke Desa Mandalamekar.

Pendidikan

Untuk meningkatkan sumber daya manusia dan kesejahteraan masyarakat Kertarahayu, pendidikan merupakan hal yang sangat penting. Penduduk di Desa Kertarahayu rata-rata memiliki latar belakang pendidikan SMU, hal ini menunjukkan bahwa masyarakat memiliki semangat dalam hal pendidikan meski dihadapakan pada keterbatasan-keterbatasan yang berhubungan dengan infrastruktur sekolah dan jalan.

Berikut adalah daftar nama-nama sekolah yang ada di Desa Kertarahayu:

  • MA Mathlaul Huda
  • MTS Mathlaul Huda
  • SDN Karya Negara
  • SDN Sindang rahayu
  • Pesantern yang ada di Dusun Cicariu dan Dusun Anggalasan.

Aktivitas Desa Membangun

 

Comments

This post currently has one response

Tinggalkan Balasan

Sidebar



%d blogger menyukai ini: