Desa Ciwarak, Kec.Jatiwaras, Kab.TAsikmalaya, Jawa Barat

Desa Ciwarak merupakan salah satu anggota dari BUMADES PANCA MANDALA (Badan Usaha Milik Antar Desa). Desa Ciwarak berada di Kec.Jatiwaras, Kab.Tasikmalaya, Provinsi Jwa Barat. Wilayahnya yang tidak terlalu berbukit bukit dan akses jalan utama yang sudah baik meskipun belum semua akses ke setiap kampungnya sudah baik, masih mudah untuk di jangkau. Hal tersebut membuat masyarakat Desa Ciwarak lebih mudah memajukan potensi Desa mereka.

Pesawahan yang luas dan hutan hijau juga sungai yang jernih dan terawat menjadi ciri khas Desa ini. Dengan hal tersebut mmebuat masyarakat Desa Ciwarak bergantung pada pertanian, perternakan dan sebagian berprofesi sebagai guru atau pedagang dan lainnya. Maka hal tersebut membuat masyarakat Desa Ciwarak berupaya untuk terus melestarikan dan menjaga hutan dan sungai untuk yang menjadi sumber kehidupan Desa Ciwarak. Di desa Ciwarak Juga sudah terdapat Koperasi Simpan Pinjam yang membantu permodalan usaha masyarakat Desa bahkan dariluar Desa.

Desa Kertarahayu juga termasuk ke dalam desa yang memanfaatkan fasiltas DBT (Desa Broadband Terpadu) dengan baik. Terbukti dengan adanya Website Desa yang di pakai sebagai media penyampain berita dan semua hal tentang Desa Ciwarak.

Geografi dan Iklim

Desa Ciwarak berbatasan langsung dengan desa lain diantaranya:

  • Utara    : Desa Papayan
  • Timur   : Desa Kersagalih
  • selatan  : Desa Kersagalih
  • Barat    : Desa Bantarpayung

Sejarah Desa Ciwarak

Berdasarkan keterangan dari sesepuh warga,bahwa Desa Ciwarak sudah ada sejak tahun 1895 pemerintahan Hindia Belanda.adapun asal usul Nama Desa Ciwarak diambil dari pengertian tokoh masyarakat dahulu yang mempunyai arti :

 Ci artinya Bersih

Wa artinya Taqwa

Rak artinya masyarakat.

Jadi dengan nama Ciwarak diharapkan masyarakat selamanya akan selalu bersih,Indah serta Taqwa kepada Allah SWT dan Taat, patuh kepada Pemerintah dalam perjalanan kehidupan Dunia menuju kehidupan akhirat.

Sejak berdirinya Desa Ciwarak telah mengalami 19 kali penggantian Kepala Desa baik itu definitive maupun penjabat,diantaranya :

No Nama Kepala Desa Masa Jabatan Keterangan
1 SURYA 1895-1905 DEFINITIP
2 Rd.NATADIMAJA 1905-1907 DEFINITIP
3 UNAN WINATAPURA 1907-1917 DEFINITIP
4 HARJA 1917-1927 DEFINITIP
5 MEMED 1927-1930 DEFINITIP
6 UNAN WINATAPURA 1930-1940 DEFINITIP
7 E.SANUSI 1940-1948 DEFINITIP
8 ANDI TARMIDI 1948-1950 WD
9 E.HUNUSI 1950-1967 DEFINITIP
10 SUBADIKARTA 1967-1968 PJS
11 ENGKO MUHTAR 1968-1969 CREATICER
12 ENGKO MUHTAR 1969-1978 DEPINITIP
13 ADANG 1978-1979 CREATICER
14 A.MAMAD 1979-1980 DEFINITIP
15 SAPDI WARDANA 1980-1984 PJS
16 A.ACHMAD 1984-1994 DEFINITIP
17 TARLI 1994-2002 DEFINITIP
18 E.MUKHTAR 2002-2007 DEFINITIP
19 ENDANG SAJUDIN 2007 -2011 DEFINITIP
20 SUHANDA 2012 PJS
21 BEBEN SARBENI 2013-2019 DEPINITIP

Administrasi dan Kelembagaan

Dalam struktur administrasi pemerintahannya, Desa Ciwarak dipimpin oleh seorang Kepala Desa atau juga yang biasa disebut “kuwu”/ “Pak Kuwu”, yang dipilih melalui mekanisme Pilkades. Kepala Desa dalam kepengurusannya dibantu oleh perangkat-perangkat desa seperti Sekretaris Desa.

Kependudukan

 

 

Keadaan Sosial dan Ekonomi

Mata pencaharian masyarakat Desa Ciwrak sebagian besar dipengaruhi oleh keadaan wilayah yang terdidri dari tanah perkebunan dan Pesawahan.

Meski begitu mata pencaharian masyarakat di Desa Ciwarak cukup beragam. meski begitu mayoritas mata pencaharian masyarakat adalah bertani dan berkebun. hasil bumi memang menjadi yang utama, ada kelapa, kapol, padi, dan yang lainnya. Hal itu sanagat didukung oleh kondisi alam Desa ynag masih terjaga dan sumber air yang cukup. ada juga sebagian yang melakukan aktifitas berternak, seperti ikan, ayam, dan yang lainnya.

Selin itu biasanya masyarakat Desa Ciwarak memelihara sapi atau domba untuk investasi dan bila ada kebutuhan mendadak. namun sejauh ini belum ada pengolahan lebih lanjut tentang hal tersebut, padahal terdapat potensi dalam hal tersebut di dukung dengan keadaan alam yang masih baik dan tempat yang strategis. disamping itu juga ada yang berprofesi sebagai Guru, wiraswasta, pedagang, buruh dan yang lainnya.

Akses Menuju Desa Ciwarak/ transfortasi

Akses menuju Desa ciwarak cukup mudah dijangkau, karena di dukung dengan infrastruktur jalan yang sudah baik dan mudah untuk di lalui. Namun di jalan kampung-kampungnya masih belum semua bisa dilalui dengan lancar. namun sedikit demi sedikit warga mulai bergotong royong membangun akkses jalan di kampung mereka meski belum semua terjangkau.

Dengan kondisi jalan yang seperti itu akses menuju desa ciwarak mudah di jangkau dengan mengunakan kendaraan bermotor atau mobil. selain itu kendaraan umum yang tersedia adalah ojek dan angkutan elf. Dari Kota Tasikmalaya, angkutan elf menuju Desa Ciwarak dapat ditemukan di Terminal Padayungan.

Pendidikan

Untuk meningkatkan sumber daya manusia dan kesejahteraan masyarakat , pendidikan merupakan hal yang sangat penting.Penduduk di Desa Ciwarakrata-rata memiliki latar belakang pendidikan SMU, hal ini menunjukkan bahwa masyarakat memiliki semangat dalam hal pendidikan meski dihadapakan pada keterbatasan-keterbatasan yang berhubungan dengan infrastruktur sekolah dan  yang masih kurang bagus.

aktiviatas desa Membangun

 

 

Comments

This post currently has one response

Tinggalkan Balasan

Sidebar



%d blogger menyukai ini: